top of page

Transformasi Digital di Perguruan Tinggi Bukan Sekadar Tren, Tapi Keharusan

Updated: Jan 22


Transformasi Digital di Perguruan Tinggi Bukan Sekadar Tren, Tapi KeharusanTransformasi Digital di Perguruan Tinggi Bukan Sekadar Tren, Tapi Keharusan

Saat ini, transformasi digital khususnya di perguruan tinggi bukan hanya sekadar tren, namun sudah menjadi keharusan bagi civitas akademik kampus untuk tetap relevan dengan perkembangan yang terjadi saat ini. Sebelum kita mulai, apa yang dimaksud dengan transformasi pendidikan perguruan tinggi?


Apa Itu Transformasi Digital di Perguruan Tinggi?

Transformasi digital di perguruan tinggi merujuk pada serangkaian perubahan dan adaptasi yang dilakukan oleh institusi pendidikan tinggi untuk memanfaatkan teknologi digital dalam berbagai aspek kegiatan akademik dan administratif. Tujuan utama dari transformasi ini adalah meningkatkan efisiensi, meningkatkan pengalaman belajar, dan menyediakan lingkungan pendidikan yang relevan dengan tuntutan era digital.


Beberapa aspek utama dari transformasi digital di perguruan tinggi melibatkan:


1. Pembelajaran Digital

Kuliah secara daring terus dikembangkan di Indonesia.

Mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran, termasuk penggunaan sistem platform e-learning atau LMS, konten pembelajaran digital, dan alat bantu pembelajaran berbasis teknologi.


Tentunya, respons yang cepat dan tingkat fleksibilitas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam menghadapi situasi ini menjadi hal yang sangat diperlukan.


2. Administrasi Digital

Menggantikan proses administratif tradisional dengan solusi digital, efisiensi seperti penerimaan mahasiswa baru online, migrasi dan manajemen data mahasiswa elektronik.

Kita semua tahu, mengelola birokrasi kampus bukanlah sesuatu yang mudah. Namun, adaptasi ke dunia digital menjadi suatu keharusan agar perguruan tinggi dapat terus relevan di era digital ini. Untuk itulah perlunya perguruan tinggi bekerja sama dengan konsultan IT yang siap mengantarkan dan membantu untuk berbasis digital


3. Kurikulum yang Relevan dengan Industri

Memastikan kurikulum yang ditawarkan oleh perguruan tinggi sesuai dengan kebutuhan industri, dengan mempertimbangkan perkembangan teknologi dan tren pasar kerja.


Female Student with VR Glasses

Generasi Z cenderung senang dengan teknologi, familiar dengan augmented reality dan virtual reality (AR/VR), juga suka berselancar di dunia maya serta tetap eksis di sosial media terkini. Akibatnya, transformasi digital adalah terobosan universitas yang perlu dilakukan.


4. Pengelolaan Data dan Analitika

Menggunakan analitika data untuk memahami dan meningkatkan proses pendidikan, memantau kinerja mahasiswa, dan membuat keputusan berbasis data.


memantau proses pembelajaran, diharapkan dapat mencegah berbagai macam kecurangan dan kelalaian

Kejujuran dalam memperoleh nilai merupakan value yang tetap harus ada. Transformasi digital di perguruan tinggi yang dikembangkan harus memiliki daya saing dan inovasi tanpa harus mengubah nilai luhur. Dengan fitur seperti verifikasi pengguna dan memantau proses pembelajaran, diharapkan dapat mencegah berbagai macam kecurangan.


5. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)


mahasiswa jurusan Teknik, fokus mempelajari materi kuliah yang dibagikan secara virtual

Menyediakan opsi pembelajaran online atau jarak jauh untuk memberikan fleksibilitas kepada mahasiswa dalam mengakses materi pembelajaran dari mana saja dan kapan saja.

Melalui platform seperti LMS, mahasiswa juga dapat merasakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, karna dapat berupa animasi, video, dsb. Para dosen atau pengajar juga lebih efisien dalam memberikan hingga memeriksa tugas-tugas.


6. Kerjasama dengan Industri

Membangun kemitraan dengan industri untuk memastikan bahwa mahasiswa mendapatkan hard skill, soft skill hingga sertifikasi yang kredibel sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Persaingan ketat di dunia pendidikan ke depan perlu diperhatikan.


7. Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online


suasana orientasi mahasiswa baru secara online

Proses penerimaan mahasiswa baru merupakan langkah awal yang krusial. Mengadopsi sistem penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan teknologi digital untuk memudahkan calon mahasiswa maupun efisiensi staff perguruan tinggi dalam proses pendaftaran, input data, hingga menyimpan data.


Pekerjaan yang dilakukan secara berulang-ulang sebaiknya dapat digantikan dengan perangkat lunak cerdas.


8. Pelatihan Staf dan Dosen


pelatihan LMS kepada staf dan dosen

Memberikan pelatihan kepada staf dan dosen untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang penggunaan teknologi dan memanfaatkannya secara efektif dalam proses pengajaran dan administrasi.


E-learning dan LMS tidak hanya untuk pembelajaran mahasiswa, namun juga bisa dialihfungsikan untuk training atau pelatihan para staf dan dosen. Membiasakan diri dengan penggunaan OneDrive, Google Drive, Dropbox, Sharepoint hanyalah sedikit contoh penyedia layanan cloud gratis yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan dan berbagi dokumen di kalangan perguruan tinggi.


9. Mengadakan Kegiatan Webinar Kampus

Perguruan tinggi dapat mengadakan beragam webinar untuk meningkatkan pengetahuan civitas kampus maupun umum. Webinar, singkatan dari web seminar, memberikan platform untuk menyelenggarakan seminar melalui aplikasi berbasis internet seperti Zoom.


NEO Sebagai Penyedia Solusi LMS

NEO Sebagai Penyedia Solusi LMS

Dengan memanfaatkan fitur-fitur LMS seperti Quiz, Course, Webinar, dan lainnya, perguruan tinggi dapat membangun integrasi dengan mahasiswa dan memastikan bahwa mereka siap dan sesuai dengan standar akademis untuk menyelesaikan studi mereka. Hal ini juga membantu mengurangi potensi ketidaksesuaian dalam lingkungan akademis dan mendukung integrasi yang lebih baik di kalangan civitas akademik.



Transformasi digital di perguruan tinggi bukan hanya tentang penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga melibatkan perubahan budaya dan mentalitas di dalam institusi. Ini adalah respons terhadap perubahan cepat dalam teknologi informasi dan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks dan terkoneksi secara digital. Yuk bertransformasi menjadi smart campus dengan LearningWare!



Comentarios


bottom of page