top of page

Fleet Management: Bisa Nilai Perilaku Sopir dan Kondisi Bus

Fleet Management: Bisa Nilai Perilaku Sopir dan Kondisi Bus
Fleet Management Illustration

Kecelakaan bus di Indonesia tergolong tinggi dan diakibatkan oleh banyak faktor. Mulai dari sisi pengemudi, kondisi bus itu sendiri, hingga faktor eksternal yang sulit dihindari.


Bisa Nilai Perilaku Sopir dan Kondisi Bus

Seperti yang akhir-akhir ini terjadi lagi, terlebih saat musim mudik lebaran, sopir yang mengantuk atau kelelahan saat mengemudi, serta muatan penumpang yang berlebihan. Ketidaksiapan kendaraan bus juga dapat berkontribusi pada kejadian tragis ini.


7 Indikator untuk Nilai Perilaku Sopir

Menunjukkan skor keselamatan dan risiko unutk nilai perilaku sopir secara keseluruhan.

7 Indikator untuk Nilai Perilaku Sopir

Acceleration

Indikator ini mengukur seberapa cepat atau lambat kendaraan dipercepat oleh sopir. Pengereman dan akselerasi yang kasar dapat mengindikasikan pengemudi yang kurang hati-hati.


Braking

Memantau bagaimana sopir melakukan pengereman. Pengereman mendadak atau terlalu sering dapat menunjukkan kurangnya perencanaan dan reaksi yang buruk terhadap situasi di jalan.


Cornering

Indikator ini melacak bagaimana sopir menangani tikungan atau belokan. Memotong tikungan secara tiba-tiba atau dengan kecepatan tinggi dapat meningkatkan risiko kecelakaan.


Speed

Melacak kecepatan kendaraan dalam berbagai kondisi. Dalam evaluasinya, kecepatan yang konstan dan sesuai dengan batas kecepatan yang ditetapkan menunjukkan perilaku yang aman.


Idle

Memonitor berapa lama mesin kendaraan berjalan dalam keadaan diam (idle). Idle yang berlebihan dapat mengakibatkan pemborosan bahan bakar dan emisi gas buang yang tidak perlu.


Moving

Memantau bus yang melakukan perjalanan terus-menerus. Pemantauan durasi waktu dapat membantu dalam merencanakan rute yang lebih efisien dan optimal.


Time Risk

Menampilkan tren waktu atau kondisi di mana risiko kecelakaan meningkat, misalnya, saat berada di lalu lintas padat, di malam hari, atau saat cuaca buruk.


Fleet Management merupakan solusi tepat untuk mengaja keamanan dan tingkat kepercayaan penumpang bus yang berharga. Perpaduan GPS dan driver tracker dengan fleet management system menjadikan PO bus lebih mudah memantau armada dari mana dan kapan saja.


Jadwalkan Pemasangan GPS Dashcam di armada bus anda!

Informasi lebih lanjut:

18 views0 comments

Comentarios


bottom of page