top of page

Manfaat ERP untuk Industri Manufaktur

Updated: Dec 6, 2023


Manfaat ERP untuk Industri Manufaktur

Apa Itu ERP Manufaktur? Kapan perlu menggunakannya?

Sepenting itu kah perannya?


Dalam ranah manufaktur, terdapat dua permasalahan yang sering muncul, yaitu kualitas dan efisiensi produksi. Ketika kualitas produk tidak sesuai dengan standar, dapat berakibat pada aspek finansial hingga reputasi perusahaan. Sementara itu, jika proses produksi tidak berlangsung secara efisien, biaya produksi dapat meningkat, yang pada akhirnya akan mempengaruhi harga jual produk.


Mengatasi isu tersebut dapat dengan cepat dilakukan melalui pemanfaatan perangkat lunak manufaktur, yang mampu menyederhanakan proses operasional, meningkatkan efisiensi, hingga mengurangi biaya.


Apa Itu ERP untuk Industri Manufaktur?

Software ERP untuk industri manufaktur adalah perangkat lunak yang diciptakan khusus untuk mendukung perusahaan manufaktur dalam mengelola dan mengintegrasi berbagai elemen operasional, seperti perencanaan produksi, inventaris, manajemen supply chain, keuangan, hingga sumber daya manusia.


Jenis Implementasi ERP

Jenis Implementasi ERP. On-premise dan cloud-based

Ada dua jenis implementasi ERP untuk industri manufaktur, yaitu cloud dan on-premise. Berikut ini penjelasan singkat mengenai kedua jenis implementasi ERP tersebut.



1. On-Premise

Sistem on-premise memungkinkan data terpusat di server perusahaan, dengan tanggung jawab perusahaan atas lisensi perangkat lunak, pembaruan, keamanan, dan biaya TI. Implementasi ERP on-premise memerlukan investasi modal awal dan biaya pemeliharaan sistem berkelanjutan.


2. Cloud-based

Sistem cloud bergantung pada koneksi internet untuk pengoperasiannya dan umumnya disampaikan dalam bentuk Software as a Service (SaaS). Biasanya dapat diakses melalui browser. Penyedia SaaS bertanggung jawab atas pemeliharaan, pembaruan, keamanan, dan kinerja perangkat lunak dengan menetapkan biaya bulanan kepada pengguna.



Manfaat ERP untuk Industri Manufaktur

Mengapa ERP Diguhttps://www.neoesensial.co.id/enterprise-resource-planningnakan pada Perusahaan Manufaktur?

Manfaat penerapan ERP bagi perusahaan manufaktur antara lain:


1. Keamanan penyimpanan data

Industri manufaktur saat ini meminimalkan pekerjaan manual dan penggunaan kertas yang tidak efisien. Menyimpan data kritis dalam format kertas rentan terhadap kerusakan dan kehilangan. Dengan sistem ERP, perusahaan dapat mengakses data melalui satu sistem, memungkinkan manajemen memberikan hak akses yang tepat. Bahkan, sistem ERP berbasis Cloud memungkinkan pengelolaan data dari mana saja dan kapan saja.


2. Menggabungkan semua aspek pada industri manufaktur.

Sistem ERP untuk industri manufaktur menghubungkan semua divisi perusahaan, mulai dari divisi human resource, finance, perpajakan, inventaris, sales, dan lainnya. Dengan menggunakan satu platform terintegrasi, perusahaan dapat mengkoordinasikan operasional secara efisien dan mendapatkan informasi secara real-time dari setiap divisi. ERP manufaktur menyinkronkan proses produksi secara end-to-end, memungkinkan pihak manajemen dan direktur manufaktur mampu mengontrol semua aspek bisnis dalam satu platform yang terintegrasi.


Penggunaan software ERP untuk industri manufaktur menjadi kunci untuk efisiensi dan efektivitas operasional dalam industri manufaktur.


3. Work order manajemen

Sistem ERP untuk industri manufaktur mempermudah manajemen dengan otomatis membuat dan mengelola work order. Informasi seperti tanggal eksekusi, nama pelanggan, sales order, kontrak sales, kuantitas produk, dan tanggung jawab staff tercakup dalam setiap work order. Setiap work order dilengkapi dengan routing code untuk pemantauan rute, memungkinkan manajemen melakukan checklist untuk memastikan kelancaran setiap tugas.


4. Pengelolaan inventaris yang meneluruh.

ERP untuk industri manufaktur membantu memantau pergerakan stok secara komprehensif, mengidentifikasi produk yang laku dan kurang diminati, serta mempermudah pengelolaan pembelian dan inovasi produk.


Software ERP manufaktur dengan integrasi barcode secara otomatis menghitung dan mengelola inventaris, memastikan keakuratan stok, dan mencegah kehilangan barang.


5. Mengkoordinasikan Procurement

ERP untuk industri manufaktur memastikan kelancaran seluruh proses dan pemenuhan permintaan pelanggan dengan mengoordinasikan procurement, produksi, pengelolaan stok, dan pengiriman barang.


Fitur-fitur ini memungkinkan perusahaan membuat perencanaan pembelian dan mengendalikan pengadaan barang secara efisien, mengurangi biaya operasional dan administratif.


6. Yang paling penting: Menyediakan laporan yang akurat dan lengkap

Sistem ERP untuk industri manufaktur memungkinkan mendapatkan data lengkap mengenai semua aspek operasi bisnisnya secara real-time. Dengan laporan yang akurat dan terintegrasi, para pemangku kepentingan, seperti direktur produksi, dan keuangan, dapat membuat keputusan lebih cepat dan tepat, yang pada akhirnya mendukung perkembangan bisnis.


Kapan Perusahaan Manufaktur Perlu Menggunakan ERP?

Saat ini, software ERP sudah menjadi solusi pilihan bagi bisnis berkembang yang ingin mempertahankan dan meningkatkan daya saingnya.


Beberapa indikator bahwa perusahaan manufaktur perlu mengimplementasikan perangkat lunak ERP dalam operasionalnya meliputi:

  1. Integritas data menjadi priotitas utama, sehingga memerlukan proses pengumpulan dan analisis data perusahaan yang lebih baik dan aman.

  2. Penurunan kepuasan pelanggan akibat performa back-office yang kurang efektif.

  3. Memerlukan pemangkasan biaya karena flow kerja yang rumit dalam organisasi.

  4. Komunikasi dan kolaborasi antar departement yang kurang baik dan tidak terstruktur, sehingga memerlukan sistem untuk mengintegrasikan semua divisi

  5. Perusahaan yang sedang berkembang mungkin menemui kesulitan karena sistem yang digunakan saat ini tidak lagi memadai untuk alur bisnis perusahaan.

Kesimpulan

Dalam industri manufaktur yang kompetitif, inovasi menjadi kunci utama untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu inovasi yang menjanjikan adalah penerapan Sistem ERP. Sistem ERP tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga mengurangi risiko kesalahan.


Neo Esensial Teknologi menyediakan solusi komprehensif berbasis cloud atau on-premise, mencakup berbagai fitur mulai dari akuntansi hingga manufaktur. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba demo gratis dan merasakan sendiri manfaatnya.


Temukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan optimalkan pengelolaan bisnis dengan mudah melalui perangkat lunak ERP. Segera dapatkan demo gratis Anda sekarang.


Neo Esensial Solusi ERP Manufaktur

Recent Posts

See All
bottom of page