top of page

Belajar dari Kasus PDN: Bagaimana Mengamankan Data dan Perangkat Perusahaan?

Peretasan data PDN dengan ransomware

Baru-baru ini, Pusat Data Nasional (PDN) Indonesia mengalami serangan siber berupa ransomware yang dikenal sebagai "Brain Cipher”. Serangan ini mengakibatkan enkripsi data dan gangguan pada berbagai layanan publik, termasuk layanan keimigrasian.


Penyerang meminta tebusan sebesar 131 miliar rupiah untuk mengembalikan akses ke data tersebut. Insiden ini menggarisbawahi betapa rentannya infrastruktur data terhadap ancaman siber dan pentingnya untuk mencadangkan data penting secara berkala.


Mengamankan Data Perusahaan

Di tengah meningkatnya ancaman ini, salah satu kebutuhan akan solusi keamanan seperti Mobile Device Management (MDM) menjadi sangat mendesak. Mengingat perusahaan kini semakin bergantung pada perangkat mobile dan IoT untuk operasional sehari-hari. MDM memfasilitasi berbagai kebutuhan, termasuk pengelolaan perangkat secara terpusat, pelindungan data, pengaturan aplikasi, dan kontrol akses. Solusi ini sangat penting untuk perusahaan yang mengandalkan perangkat untuk operasi sehari-hari.


Hexnode untuk MDM

Salah satu solusi MDM yang unggul adalah Hexnode MDM. Hexnode adalah layanan berbasis cloud yang berfokus pada MDM untuk kebutuhan akan keamanan dan efisiensi operasional perusahaan. Beberapa fitur utama Hexnode MDM meliputi:

  1. Manajemen Terpusat Memungkinkan pengelolaan semua perangkat dari satu dashboard.

  2. Keamanan Data Memberikan enkripsi data dan kebijakan keamanan yang ketat.

  3. Whitelist/Blacklist app Memastikan hanya aplikasi yang disetujui yang dapat diinstal dan dijalankan.

  4. Real-time Monitoring Memungkinkan pelacakan perangkat dan penghapusan data dari jarak jauh jika terjadi kehilangan atau pencurian perangkat.


Integrasi solusi MDM seperti Hexnode menjadi langkah strategis bagi perusahaan dalam mengamankan data, perangkat, hingga mencegah insiden peretasan yang dapat merugikan operasional dan reputasi bisnis. Juga, mendukung perangkat termasuk laptop, perangkat seluler, dan tablet serta memberlakukan kebijakan dan memberikan perlindungan terhadap data terlepas dari perangkat yang terdaftar atau tidak.


Dengan meningkatnya insiden siber, investasi dalam solusi keamanan yang komprehensif bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan mendesak. Hexnode MDM hadir sebagai jawaban untuk tantangan ini, memastikan perusahaan dapat beroperasi dengan aman dan efisien di era digital.

Bagaimana Mengamankan Data dan Perangkat Perusahaan?



Recent Posts

See All

Comentários


bottom of page