top of page

Penerapan ERP di PT Pertamina untuk Meningkatkan Efisiensi Pertambangan


Penerapan ERP di PT Pertamina untuk Meningkatkan Efisiensi Pertambangan
Pertamina Head Office Building

Salah satu industri yang berkontribusi besar terhadap devisa negara adalah industri pertambangan, di mana PT Pertamina menerapkan sistem ERP. Banyak sumber daya alam Indonesia, termasuk gas, minyak bumi, batubara, timah, emas, nikel, tembaga berkontribusi pada pendapatan devisa negara melalui ekspor.


Pemerintah secara konsisten mengupayakan pemanfaatan produk pertambangan di dalam negeri, selain berdampak positif pada devisa, salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan sektor pertambangan dalam negeri adalah dengan mendirikan PT Pertamina.


Daftar Isi

Mengenal PT Pertamina sebagai Perusahaan Energi Terbesar di Indonesia


Mengenal PT Pertamina sebagai Perusahaan Energi Terbesar di Indonesia
Ilustasi SPBU Pertamina

Pertamina adalah perusahaan energi yang telah berdiri lebih dari enam dekade. Meskipun demikian, PT Pertamina masih menghadapi banyak tantangan dalam menjalankan operasinya.


Meskipun demikian, PT Pertamina masih menghadapi banyak tantangan dalam menjalankan operasinya. Seperti yang diketahui, pertambangan minyak bumi melibatkan banyak tahapan dan membutuhkan banyak tenaga kerja manusia, sehingga perusahaan kewalahan dalam mengelola operasinya.


Pentingnya Penerapan ERP di PT Pertamina sebagai Upaya Efisiensi Proses Kerja Pertambangan


Pentingnya Penerapan ERP di PT Pertamina sebagai Upaya Efisiensi Proses Kerja Pertambangan
Ilustrasi ERP

Sistem ERP adalah software yang dirancang untuk mengintegrasikan dan mengelola berbagai proses bisnis dalam suatu perusahaan.


Memproduksi bahan bakar siap pakai adalah proses yang panjang dan kompleks yang dilakukan PT Pertamina. Mulai dari mencari lokasi dengan banyak minyak, mengebor sumur di sekitar lokasi, hingga mengalirkan cairan hidrokarbon untuk menahan tekanan bumi. Perusahaan energi seperti Pertamina membutuhkan solusi untuk mengefisiensi proses kerja mereka karena alur kerja berlapis. Software ERP dapat digunakan untuk mengefesiensi alur kerja PT Pertamina, seperti memberi perusahaan kendali penuh atas proyek, membantu mengelola aset dengan baik, menyederhanakan proses keuangan, dan meningkatkan efisiensi manajemen staf.

  1. Kendali penuh atas proyek: Penggunaan ERP di PT Pertamina membantu tim melacak dan mengawasi semua proyek secara efektif karena memungkinkan perusahaan untuk melacak kemajuan proyek, mengelola jadwal, dan membuat laporan proyek yang akurat dan tepat waktu. Selain itu, kendali perusahaan atas proyek juga mencakup budget proyek, mulai dari cost center accounting, cost element accounting, dan analisis profit.

  2. Mengelola aset secara efektif: Selain memantau proyek, penerapan ERP di PT Pertamina membantu mengelola aset, seperti peralatan dan inventaris. Perusahaan dapat memantau penggunaan aset dan melakukan pemeliharaan secara teratur dengan ERP. Dalam situasi ini, ERP membantu dalam pengelolaan aset tetap secara keseluruhan. Ini mencakup metode accounting aset konvensional, manajemen aset teknik, dan pengendalian investasi. PT Pertamina dapat menghemat uang dengan memperpanjang umur pakai aset dan mengoptimalkannya.

  3. Menyederhanakan proses keuangan PT Pertamina juga dapat menggunakan ERP untuk mengotomatisasi akuntansi dan anggaran. PT Pertamina dapat mengoptimalkan proses keuangan dan menghemat anggaran biaya proyek dengan menerapkan ERP, yang dapat mempercepat proses akuntansi, mengurangi kemungkinan kesalahan manusia, dan memberikan informasi keuangan yang akurat dan tepat waktu. Selain itu, penggunaan ERP dapat meningkatkan akurasi perhitungan keuangan karena mengurangi kesalahan akuntansi yang disebabkan oleh kesalahan manusia. Selain itu, data keuangan dari sistem ERP dapat digunakan untuk mempermudah keputusan bisnis.

  4. Meningkatkan efisiensi manajemen karyawan: ERP membantu PT Pertamina mengotomatisasi proses bisnis dan mengurangi tugas administratif yang berulang. Akibatnya, karyawan dapat berkonsentrasi pada tugas yang lebih penting dan melakukan pekerjaan mereka dengan lebih efisien. Aplikasi pendaftaran, administrasi pendaftaran, administrasi pegawai, manajemen waktu, budget perjalanan, dan pembayaran gaji pegawai adalah beberapa proses yang dapat diintegrasikan dengan software ERP. Oleh karena itu, PT Pertamina dapat melacak KPI ratusan pekerja sekaligus.


NEO Sebagai Penyedia Solusi ERP

Banyak perusahaan mengalami kesulitan dalam menghadapi proses transformasi digital yang melibatkan banyak tahapan. Penerapan ERP memberikan kemudahan dan manfaat bagi perusahaan, mulai dari kendali penyerdehanaan proses bisnis hingga penghematan biaya di masa depan. Penyimpanan data pun aman karena sudah menggunakan Microsoft Azzure


Sehingga, ERP merupakan solusi tepat untuk investasi perusahaan kedepannya. Jadwalkan konsultasi dan demo gratis!


Informasi lebih lanjut:

atau kunjungi laman ERP kami.





Recent Posts

See All

Comments

Couldn’t Load Comments
It looks like there was a technical problem. Try reconnecting or refreshing the page.
bottom of page