top of page

Efisiensi dan Efektivitas di Industri Manufaktur dengan Penggunaan ERP

Efisiensi dan Efektivitas di Industri Manufaktur dengan Penggunaan ERP

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengintegrasikan dan mengelola berbagai proses bisnis di dalam suatu perusahaan. Dalam industri manufaktur, ERP menjadi kunci dalam mengoptimalkan perencanaan sumber daya perusahaan, mengelola persediaan, dan meningkatkan efektivitas operasional secara keseluruhan.


Tren Industri Manufaktur di Indonesia

Menurut Kementerian Perindustrian, permintaan pasar yang terus meningkat telah mendukung  perkembangan tersebut ditambah juga dengan kepercayaan konsumen sehingga menstimulasi tingkat produksi. Sektor manufaktur kini sudah berada dalam fase ekspansif atau berkembang, terutama karena hadirnya sistem manufaktur sebagai solusi otomatis.


Manfaat Implementasi ERP dalam Industri Manufaktur

Manfaat Implementasi ERP dalam Industri Manufaktur

1. Optimalisasi Pengelolaan Persediaan

Untuk menghindari kelebihan stok, maupun mengurangi risiko kekurangan persediaan, serta memastikan ketersediaan bahan baku yang tepat pada waktu yang tepat.

2. Peningkatan Produktivitas Karyawan

Sistem ERP dirancang agar mampu membantu agar para karyawan tidak perlu melakukan tugas administratif yang berulang, juga memberi lebih banyak waktu untuk fokus pada aktivitas yang lebih produktif.

3. Mengubah Data Kompleks menjadi Laporan yang Akurat

Satu keuntungan utama dari ERP adalah kemampuannya untuk mengubah dari data yang kompleks menjadi laporan yang lebih akurat. Hasil dari analisis, ERP mampu menyajikan informasi penting tentang performa produksi, kondisi mesin, serta hasil kualitas produk.

4. Visualisasi Peforma secara Real-Time

Dengan ERP, perusahaan dapat melihat peforma pabrik secara real-time. Ini memungkinkan pengelola untuk memantau proses produksi, memperhatikan titik-titik bottleneck, dan merespons perubahan yang terjadi dengan cepat. Karna dalam bentuk visual, maka dapat dengan mudah mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan efisiensinya.

5. Inovasi Pengambilan Keputusan dengan ERP

Perusahaan dapat menemukan cara terbaik dalam pengambilan keputusan, yaitu berdasarkan data di lapangan. Sehingga, perusahaan bisa dapat kompetitif dalam pasar yang dinamis

6. Peningkatan Efisiensi Operasional

Sistem ERP dapat membantu perusahaan menghemat anggaran melalui pengurangan waktu siklus produksi, mempercepat waktu respons terhadap permintaan customer, dan mengurangi pemborosan dalam proses produksi.


NEO Sebagai Penyedia Solusi ERP

Kebanyakan perusahaan mengalami kesulitan ketika menghadapi proses transformasi digital yang melibatkan banyak tahapan. Penerapan ERP memberikan kemudahan dan manfaat bagi perusahaan, mulai dari kendali penyerdehanaan proses bisnis hingga penghematan biaya di kemudian hari. Penyimpanan data pun dijamin aman karena sudah menggunakan Microsoft Azzure.


Sehingga, ERP merupakan solusi tepat untuk investasi perusahaan kedepannya. Jadwalkan konsultasi dan demo gratis!

Informasi lebih lanjut:

atau kunjungi laman ERP kami.

Recent Posts

See All

תגובות


bottom of page