top of page

5 Manfaat Penggunaan NFInsight dalam Analisis Pengunjung Museum

Updated: Oct 2, 2023

Jakarta - 20 Juli 202

Human Body Recognition API. facial recognition concept. Biometric. Security system
Human Body Recognition API

Temukan bagaimana NFInsight, teknologi kamera AI yang menggabungkan kecerdasan buatan dan human body recognition API, mengubah cara analisis pengunjung museum.


Apa itu Teknologi Kamera AI?

Teknologi kamera AI adalah kombinasi yang menggabungkan kecerdasan buatan dengan kamera CCTV. Dengan menggunakan algoritma yang canggih, kamera AI mampu mengenali dan melacak pergerakan pengunjung dengan presisi tinggi. Pada NFInsight, teknologi AI digunakan untuk mengidentifikasi objek dan orang secara presisi melalui pengenalan tubuh, sehingga memberikan data yang lebih tepat dan mendalam tentang aliran pengunjung di dalam museum.


Pentingnya AI dalam Analisis Pengunjung

Penerapan teknologi AI pada kamera, terutama CCTV, membawa banyak keuntungan. Berikut adalah 5 keunggulan yang dimiliki oleh kamera AI:


1. Mengumpulkan Data Jumlah Pengunjung Secara Real-Time

Face Recognition API. Scanning facial recognition concept. Biometric. Security system. Artificial Intelligence.  AI Camera
Face Recognition API

AI camera mampu mengidentifikasi dan membedakan individu dengan akurasi tinggi, bahkan dalam situasi yang kompleks. Pengunjung juga dapat dengan mudah dikalkulasi secara real-time dengan akurat. Data ini sangat berguna bagi pengelola untuk mengoptimalkan pengalaman pengunjung, hingga mengatur shift karyawan dengan memahami frekuensi kunjungan berdasarkan waktu pengunjung datang.


2. Mengidentifikasi Jenis Kelamin dan Rentang Usia

Face Recognition API. Scanning facial recognition concept. Biometric. Security system. Artificial Intelligence.  AI Camera
Age Gender Measurement

Dengan kemampuan ini, museum atau perusahaan dapat memahami demografi pengunjung mereka dengan lebih baik, mempersonalisasi pengalaman, serta menyusun strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran. Dengan menggabungkan inovasi teknologi AI dengan analisis data demografis, museum dan bisnis dapat menciptakan pengalaman yang relevan.


3. Menilai Ekspresi Pengunjung

Expression Analysis. Scanning. Artificial Intelligence.  AI Camera. Futuristic and technological scanning of face for facial recognition
Expression Analysis

Menjelajahi museum tidak hanya tentang mengamati karya seni atau artefak bersejarah. Ada cerita di balik setiap kunjungan, dan ekspresi pengunjung menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan. Dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan pengenalan tubuh yang canggih, kita sekarang dapat menilai ekspresi pengunjung dengan akurasi tinggi. NFInsight hadir sebagai solusi inovatif yang memungkinkan museum untuk memahami emosi pengunjung, mengoptimalkan pengalaman kunjungan, juga menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan audiens. Nikmati setiap perjalanan museum dengan pemahaman yang lebih dalam tentang ekspresi pengunjung yang menyertai.


4. Menganalisis Pola dan Alur Sirkulasi Kunjungan

Human Flow Measurement. Congestion Analysis. Artificial Intelligence. AI Camera. Pathway Analysis. Dwelling Time Measurement.
Human Flow Measurement

Menganalisis pola serta alur sirkulasi kunjungan menjadi kunci penting dalam memahami perilaku pengunjung serta meningkatkan pengalaman mereka, serta membantu pihak museum dalam pengambilan keputusan yang lebih baik, juga meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan. NFInsight memungkinkan museum untuk mendapatkan data yang akurat tentang pola kunjungan, area yang paling diminati, serta alur sirkulasi pengunjung di dalam museum. Dengan pemahaman yang mendalam ini, museum dapat mengoptimalkan tata letak, merancang pameran yang menarik, dan memberikan pengalaman kunjungan yang tak terlupakan.


5. Pengecualian untuk Orang-orang Tertentu

Same Person Identification. Boss choosing staff via AI Camera
Same Person Identification

Dengan menggunakan teknologi pengenalan wajah, NFInsight memungkinkan untuk mengecualikan karyawan yang sebelumnya telah didaftarkan dari seluruh jumlah orang yang dihitung oleh AI camera. Fitur ini memungkinkan pemisahan antara pengunjung biasa dan karyawan yang bekerja di tempat tersebut, hal tersebut merupakan inovasi baru yang belum dapat dilakukan oleh teknologi sebelumnya yang tidak dilengkapi dengan pengenalan wajah. Hal ini memungkinkan proses analisis data menjadi lebih akurat, juga memberikan hasil yang lebih tepat dalam mengukur jumlah pengunjung yang sebenarnya.


Inovasi AI Camera sebagai Marketing Tools

Selain memberikan keuntungan analisis pengunjung, NFInsight juga memiliki pengaruh yang signifikan sebagai alat pemasaran. Data yang dikumpulkan oleh AI Camera dapat membantu dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif, juga tepat sasaran. Dengan memahami perilaku pengunjung dan preferensi mereka, museum dapat meningkatkan pameran yang menarik, menyusun program kegiatan yang lebih relevan, serta menarik minat lebih banyak pengunjung. Inilah kekuatan inovasi kolaborasi antara AI Camera dan business intelligence.


Pahami Minat Customer

Manfaatkan sistem NFInsight untuk optimalkan tata letak dan tingkatkan strategi bisnis Anda menjadi lebih efektif.




33 views0 comments

Recent Posts

See All

Kommentare


bottom of page