top of page

Perkembangan Teknologi dari Masa ke Masa

Updated: Oct 4, 2023


Perkembangan Teknologi dari Masa ke Masa

Mana yang lebih nyaman, hidup di masa sekarang atau saat 70 tahun yang lalu?


Setiap pagi, alarm pada smartphone membangunkan kita. Kemudian, kita memeriksa media sosial dan pesan masuk, seakan-akan semua ini sudah menjadi rutinitas. Selanjutnya, bersiap untuk pergi ke kantor dengan naik ojek online, lalu ketika saatnya makan siang, tinggal pesan makanan dan kopi melalui smartphone. Tidak hanya seputar komunikasi, namun aktivitas dan kebutuhan lainnya mampu dipenuhi dengan bantuan alat canggih berupa smartphone dan internet.


Apakah pernah terpikirkan, bagaimana kehidupan di zaman sebelum teknologi modern yang kita kenal saat ini?


Perkembangan Teknologi : 1950 vs 2023

Pada tahun 50-an, pastinya belum ada yang namanya internet, WiFi, bahkan gadget yang kita gunakan setiap hari.


Perubahan besar terjadi akibat revolusi teknologi digital. Sebelumnya, penyimpanan data menggunakan metode analog atau bahkan manual. Pengiriman data juga tidak secanggih seperti saat ini. Akan tetapi, dengan kemajuan teknologi digital, segalanya menjadi lebih bisa cepat dan mudah. Data pun kini direkam dan dikirim dalam bentuk kode angka.


Internet sebagai Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi yang semakin maju membawa kita pada penemuan penting, yaitu internet. Kehadiran internet mempercepat evolusi teknologi. Mari kita melihat contoh kasus nyata untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

  1. Telekomunikasi: Dari Telepon Umum ke Smartphone Telepon umum adalah alat utama untuk berkomunikasi pada zaman dulu. Telepon rumah ini harus diputar-putar untuk memilih nomor yang diinginkan, dan harus menunggu giliran untuk berbicara. Namun sekarang kita memiliki smartphone. Hingga sampai artikel ini diunggah, kita memiliki smartphone yang memungkinkan kita melakukan banyak hal seperti mulai dari mengakses internet, berkomunikasi melalui pesan, email, atau video call, memesan makanan, transportasi, tiket, bermain bertransaksi, jual-beli barang, mengambil dan mengedit foto atau video, berinteraksi di sosial media, bermain game, hingga absensi masuk kantor.

  2. Menonton Film: Dari Bioskop ke Streaming Digital Menonton film berarti pergi ke bioskop, menunggu tanggal tayang, dan mengantri untuk mendapatkan tiket. Namun, sekarang pada tahun 2023, kita dapat dengan mudah menonton ulang ribuan film hanya dengan membuka gadget. Layanan streaming online memungkinkan akses cepat dan nyaman ke berbagai konten hiburan. Tidak perlu lagi pergi ke bioskop dan mengantre panjang untuk menonton ulang film favorit kita.

  3. Penyimpanan Data: Dari Kertas ke Teknologi Digital Penyimpanan data umumnya menggunakan kertas dan bentuk analog lainnya. Kontras dengan masa kini, di mana teknologi digital memungkinkan penyimpanan data dalam jumlah besar dalam perangkat kecil seperti smartphone. Sebuah CD sekarang dapat menyimpan data setara dengan 19 meter tumpukan kertas. Adapula teknologi bernama cloud yang memungkinkan menyimpan dan mengakses data di internet. Teknologi tersebut telah membawa kenyamanan luar biasa dalam mengelola dan berbagi akses informasi.

  4. Transaksi: Dari Sistem Barter ke Cashless Berbelanja serta bertransaksi tidak lagi melakukan barter, tidak perlu pula melukan kunjungan ke bank dengan proses yang memakan waktu. Semua dapat dilakukan melalui smartphone dengan metode cashless. Pembayaran dilakukan tanpa menggunakan uang tunai, melaikan menggunakan kartu kredit, debit, hingga e-wallet.

  5. Perdagangan: Dari Toko ke E-Commerce Saat ini, platform e-commerce memungkinkan kita untuk membeli berbagai produk dan layanan tanpa harus pergi ke toko fisik. Kita dapat melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja melalui smartphone.

Perbandingan antara tahun 1950 dengan 2023 menunjukkan betapa luar biasa perkembangan teknologi dari masa ke masa. Teknologi telah membawa kemudahan, efisiensi, dan kemajuan dalam hidup kita.


Neo Esensial sebagai Penyedia Kebutuhan Teknologi

Neo Esensial sebagai Penyedia Kebutuhan Teknologi

Neo Esensial, sebagai perusahaan IT Solution yang inovatif, memiliki fokus utama pada menyediakan kebutuhan teknologi terdepan bagi klien-klien kami.


Kami menyediakan solusi teknologi mulai dari Learning Management System, Artificial Intelligence Camera, NX WiFi: Portable Gobal WiFi, Mobile Device Management, Fleet Management, Enterprise Resource Planning, Software Development, Virtual Chatbot, hingga IoT untuk berbagai sektor industri seperti; manufaktur, logistik, konstruksi, pertambangan, retail, perusahan, pelayanan umum, traveling, hingga edukasi.


Segera hubungi kami untuk memudahkan proses digitalisasi bisnis Anda!






Comments


bottom of page