top of page

Tragedi Kereta Api Tabrak Truk: 7 Cara Fleet Management Mempengaruhi Tingkat Keselamatan

Jakarta - Jumat, 18 Agustus 2023

Tragedi Kereta Api Tabrak Truk: 7 Cara Bagaimana Fleet Management Mempengaruhi Tingkat Keselamatan

Apakah Anda pernah berpikir tentang betapa pentingnya manajemen armada yang efektif dalam mencegah kecelakaan? Belum lama ini, telah terjadi kecelakaan antara truk dan kereta di Semarang dikarenakan mesin truk yang tiba-tiba mati. Inilah contoh nyata bagaimana pengelolaan armada yang kurang baik dapat berakibat fatal. Latar belakang terjadinya kecelakaan ini memunculkan pertanyaan penting tentang faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kecelakaan semacam ini.


Mengapa Mesin Truk Mati Sering Terjadi?

Kasus mesin mendadak mati di perlintasan rel sehingga berujung kecelakaan lalu lintas dengan kereta sudah sering terjadi. Bahkan, tidak jarang kejadian semacam ini menyebabkan korban jiwa. Penyebab mesin mati mendadak saat melintas di perlintasan kereta kerap disebut karena adanya medan magnet pada rel.


Berdasarkan Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI (Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia), rel kereta memang memiliki emisi elektromagnetik. Artinya ada kabel penghantar arus listrik yang terpasang.


Namun, ada satu solusi efektif yang bisa mengubah paradigma tidak hanya dalam dunia industri logistik, tapi juga sektor-sektor lain seperti tambang dan layanan transportasi umum. Inilah saatnya mengenal Traxia, solusi Fleet Management yang memberikan manfaat nyata.


Apa itu Fleet Management?

Apa itu Fleet Management? fleet management adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengelola kendaraan milik perusahaan, seperti truk logistik, taxi, truk tambang, mobil, bus,
Apa itu Fleet Management?

Fleet Management System adalah sistem atau platform untuk melacak dan mengelola kendaraan yang dimiliki oleh perusahaan. Fleet Management mengintegrasikan berbagai teknologi seperti GPS, komunikasi nirkabel, dan diagnosis kendaraan untuk memberikan data real-time tentang lokasi kendaraan, kecepatan, konsumsi bahan bakar, dan metrik penting lainnya. Tujuan dari pengadaan manajemen ini adalah meningkatkan produktivitas, memaksimalkan efisiensi kinerja, dan meningkatkan kualitas keselamatan pengendara dan pengemudi.


7 Fitur dari Traxia: Fleet Management Mempengaruhi Tingkat Keselamatan Armada

dashboard camera, sharper image, dashboard camera, dashcam mobil, dashcam truck, google maps, hauling route, delivery service, fleet factors,  holman fleet management,  wheels fleet management
Dash Camera

Untuk mencegah kejadian serupa di masa depan, solusi seperti Traxia sebagai Fleet Management dapat mempengaruhi tingkat keselamatan armada Anda. Sebagai platform fleet management terdepan, menawarkan berbagai fitur unggulan sebagai berikut:

  1. Position Tracking & Data Sharing API Services Traxia dapat melacak posisi kendaraan secara real-time untuk pemantauan yang akurat serta berbagi data secara efisien antara kendaraan, pengemudi, dan pusat operasi.

  2. Hauling Route Services Traxia memahami betapa pentingnya untuk memilih rute yang paling efisien dari segi jarak dan waktu tempuh, tetapi juga untuk mempertimbangkan kemungkinan risiko di sepanjang rute, termasuk perlintasan rel yang berpotensi membahayakan.

  3. Real-Time Delivery Status & Push Notification Perusahaan logistik dapat selalu mengetahui lokasi dan status pengiriman, sehingga memberikan visibilitas yang lebih baik. Perusahaan juga akan mendapatkan pemberitahuan langsung tentang situasi darurat atau perubahan rencana, sehingga menghindari potensi tabrakan di perlintasan rel atau situasi darurat lainnya.

  4. App Based Work Order Fungsi app-based work order juga memungkinkan pengelola armada untuk memberikan instruksi yang jelas kepada pengemudi, sehingga meminimalisir risiko yang dapat menyebabkan kecelakaan.

  5. Smart Camera, Connected Dashboard camera yang terhubung dengan Cloud System Traxia adalah perangkat perekam video yang dipasang di kendaraan untuk merekam peristiwa selama perjalanan. Pengelola armada dapat mengakses rekaman ini dari jarak jauh melalui ponsel. Fungsi utamanya adalah sebagai bukti kecelakaan, menyediakan rekaman visual yang bisa digunakan dalam klaim asuransi atau perselisihan hukum. Selain merekam di luar, dashboard camera bisa merekam di dalam kendaraan.

  6. Driving Behavior Score Card Kecelakaan semacam ini menandai pentingnya tindakan yang cepat dan efektif. Fitur smart camera yang terhubung dengan cloud dapat menganalisis perilaku pengemudi, membantu mengidentifikasi perilaku berisiko tinggi hingga menilai kepatuhan batas kecepatan

  7. GPS Tracking & Road Condition Analysis Traxia mendukung operasi truk logistik dan armada di berbagai industri, dimana Traxia tidak hanya memantau posisi dan kondisi truk secara real-time, tetapi juga mengoptimisasi rute, dan memberikan peringatan dini melalui push notification. Dengan mengintegrasikan teknologi GPS tracking dan analisis kondisi jalan, Traxia menciptakan solusi yang komprehensif.

Traxia untuk Semua

fleet management, fleet factors, holman fleet management, wheels fleet management, fleet management system indonesia, fleet management system mining, fleet management system tambang
Traxia for Across Industries

Solusi Fleet Management seperti Traxia tidak hanya berguna untuk industri logistik, tetapi juga dapat diterapkan dalam berbagai sektor lain, mulai dari kendaraan di sektor tambang yang beroperasi di lingkungan berat, layaranan pengiriman, seperti truk delivery, ekspedisi, hingga layanan transportasi umum seperti taksi, bis, ojek online dan bahkan truk pemadam kebakaran. Penyesuaian fitur-fitur di atas padat memastikan bahwa setiap industri dapat memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan operasi mereka.


Selangkah Menuju Keselamatan dan Efisiensi dengan Traxia

Kecelakaan memang tak terduga, tetapi pencegahan dapat diupayakan. Jika Anda ingin mengubah cara armada Anda dikelola, menjadikan keselamatan sebagai prioritas, menghindari risiko kecelakaan yang tidak diinginkan, hingga meningkatkan efisiensi operasional, segera hubungi kami di link informasi lebih lanjut tentang bagaimana Traxia dapat membantu perusahaan Anda.














bottom of page