top of page

5 Alasan Mengapa Organisasimu Membutuhkan EDR Sebagai Pelindung Endpoint

Updated: Feb 1

Endpoint detection and response adalah kebutuhan bagi tiap organisasi untuk melindungi endpoint organisasi yang menyimpan aset penting perusahaan
Ilustrasi Endpoint Security

Era digital menghadirkan peluang dan juga risiko. Ancaman siber terus berkembang, menargetkan perangkat endpoint seperti laptop, desktop, dan smartphone.


Antivirus tradisional telah lama menjadi benteng pertahanan utama, namun memiliki keterbatasan dalam menghadapi serangan canggih, ransomware, dan zero-day threats.


Di sinilah EDR (Endpoint Detection and Response) hadir sebagai solusi yang lebih canggih dan efektif.


Berikut 5 alasan organisasimu membutuhkan EDR


1. Deteksi Ancaman Canggih

EDR melampaui antivirus dengan kemampuan deteksi anomali, mendeteksi aktivitas mencurigakan dan memburu ancaman tersembunyi, termasuk:


  • Ransomware: EDR dapat mendeteksi dan memblokir ransomware sebelum data dienkripsi, membantu kamu menghindari kerugian finansial dan downtime yang signifikan.

  • Zero-day threats: EDR dapat mendeteksi dan merespon zero-day threats, yang tidak dapat dideteksi oleh antivirus tradisional.

  • Fileless malware: EDR dapat mendeteksi fileless malware yang tidak disimpan di file system, sehingga sulit dideteksi oleh antivirus konvensional.

Contoh:

Sebuah perusahaan manufaktur menggunakan EDR untuk mendeteksi dan memblokir serangan ransomware. Serangan tersebut berusaha mengenkripsi data penting perusahaan, namun EDR berhasil menghentikannya sebelum data dienkripsi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menghindari kerugian finansial dan downtime yang signifikan.


2. Respons yang Proaktif

EDR memungkinkan kamu merespon insiden dengan cepat dan tepat, meminimalkan kerusakan dan kerugian. Kamu dapat:

  • Mengisolasi perangkat yang terinfeksi: EDR memungkinkan Kamu mengisolasi perangkat yang terinfeksi dari jaringan Kamu untuk mencegah penyebaran malware.

  • Memblokir aktivitas berbahaya: EDR memungkinkan Kamu memblokir aktivitas berbahaya seperti transfer data yang tidak sah atau akses ke file sensitif.

  • Memulihkan data yang terenkripsi: EDR memungkinkan Kamu memulihkan data yang terenkripsi oleh ransomware.

Contoh:

Sebuah perusahaan retail menggunakan EDR untuk merespon serangan ransomware. Serangan tersebut berhasil mengenkripsi beberapa data perusahaan, namun EDR memungkinkan perusahaan untuk memulihkan data dengan cepat dan mudah. Hal ini membantu perusahaan meminimalkan dampak negatif dari serangan tersebut.


3. Visibilitas Menyeluruh

EDR memberikan visibilitas lengkap ke seluruh endpoint, membantu Kamu memahami lanskap ancaman dan mengidentifikasi celah keamanan. Kamu dapat:

  • Melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan Kamu: EDR memungkinkan Kamu melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan Kamu, termasuk perangkat BYOD dan perangkat IoT.

  • Memantau status keamanan endpoint: EDR memungkinkan Kamu memantau status keamanan endpoint Kamu, termasuk status antivirus, patch software, dan konfigurasi keamanan.

  • Mendeteksi dan menyelidiki aktivitas mencurigakan: EDR memungkinkan Kamu mendeteksi dan menyelidiki aktivitas mencurigakan di endpoint Kamu.

Contoh:

Sebuah perusahaan keuangan menggunakan EDR untuk mendapatkan visibilitas lengkap ke seluruh endpointnya. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi celah keamanan dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya. Perusahaan juga dapat mendeteksi dan merespon insiden keamanan dengan cepat dan efektif.

4. Pengurangan Biaya

EDR membantu Kamu menghemat biaya dengan mencegah serangan siber, mengurangi waktu downtime, dan meningkatkan efisiensi operasi. Biaya pencegahan jauh lebih rendah daripada biaya pemulihan dari serangan siber.

Contoh:

  • Sebuah perusahaan healthcare menggunakan EDR untuk mencegah serangan siber. Hal ini membantu perusahaan menghindari kerugian finansial dan downtime yang signifikan. Perusahaan juga dapat meningkatkan efisiensi operasi dengan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk merespon insiden keamanan.

5. Kepatuhan Terhadap Regulasi

EDR membantu Kamu memenuhi persyaratan regulasi terkait keamanan data dan privasi. Dengan EDR, Kamu dapat menunjukkan kepada regulator bahwa Kamu telah mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindungi data sensitif.

Contoh:

  • Sebuah perusahaan energi menggunakan EDR untuk memenuhi persyaratan regulasi terkait keamanan data. Hal ini membantu perusahaan menunjukkan kepada regulator bahwa mereka telah mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindungi data sensitif pelanggan.


EDR bukan hanya solusi yang lebih kuat, tetapi juga lebih cerdas dan fleksibel. Prima Cyber Solusi menghadirkan solusi EDR “CrowdStrike” yang dapat menjaga organisasimu dari ancaman baik yang sudah maupun belum diketahui sebelumnya, sehingga EDR merupakan solusi terdepan untuk menjaga keamanan aset digital berharga yang terdapat pada endpoint.


Informasi lebih lanjut: sales@primacs.co.id atau kunjungi laman EDR kami.

40 views0 comments

Recent Posts

See All

Commenti


bottom of page